RPP Luring Blended kelas 6 tema 3 subtema 2 Pembelajaran 3

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP ) LURING

 

Satuan Pendidikan     :    SD Negeri Kasimpar

Kelas / Semester         :    6 /1

Tema                           :    Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                    :    Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke          :    3 (Bahasa Indonesia, IPA)

Alokasi waktu            :    2 JP ( 2 x 35 menit )

 

A.    KOMPETENSI INTI

1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.

2.    Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.

3.    Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati,  menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.

4.    Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

 

B.     KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR

KOMPETENSI DASAR

IPK

Bahasa Indonesia

 

3.2   Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca

4.2   Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif

3.2.1   Menemukan informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan.

4.2.1   Menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran.

IPA

 

3.4  Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana

4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik sederhana secara seri dan paralel

3.4.1    Membuat rangkaian listrik paralel, Peserta didik mampu menguji model rangkaian tersebut.

4.4.1    Membuat rangkaian listrik paralel, Peserta didik mampu menyajikan laporan hasil percobaan rangkaian paralel.

 

 

C.    TUJUAN

1.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

2.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dengan tepat.

3.      Setelah mengamati powerpoint, peserta didik membuat dan menguji rangkaian lampu lalu lintas sederhana dengan tepat.

4.      Dengan membuat lampu lalu lintas sederhana, peserta didik mampu membuat laporannya percobaan lampu lalu lintas sederhana dengan sistematis.  

 

 

Karakter Peserta didik yang diharapkan :    

·         Religius

·         Nasionalis

·         Mandiri

·         Gotong-royong

·         Integritas

 

D.    MATERI (Telampir lengkap dalam bahan ajar)

  1. Teks eksplanasi yang berjudul ” Si Paralel Penyelamat Jalan”.
  2. Langkah- langkah pembuatan lampu lalu lintas.

3.      Rangkaian listrik paralel.

 

E.     PENDEKATAN DAN METODE

Model                    : Cooperative Learning

Pendekatan           : Saintifik-TPACK

Metode                  : Tanya Jawab, Diskusi, Percobaan, Penugasan.

 

F.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.         Kelas dimulai dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik

2.         Kelas dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang Peserta didik. Peserta didik yang diminta membaca do’a adalah peserta didik yang hari ini datang paling awal. (Menghargai kedisiplikan Peserta didik/PPK).

3.         Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk belajar serta memeriksa kerapihan diri serta diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita.

4.         Menyanyikan lagu Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme dilanjutkan peregangan dan gerakan-gerakan fisik untuk senam otak.

5.         Pembiasaan membaca/menulis 15-20  menit dimulai dengan guru menceritakan tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru menjelaskan tujuan kegiatan literasi dan mengajak Peserta didik mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut:

·         Apa yang tergambar pada sampul buku.

·         Apa judul buku

·         Kira-kira ini menceritakan tentang apa

·         Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini

6.         Peserta didik menyimak apersepsi dari guru tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pengalamannya sebagai bekal pelajaran berikutnya. (Communication-4C)

7.         Peserta didik bertanya jawab dengan guru berkaitan dengan materi sebelumnya (4C-Collaboration Saintifik - Menanya)

 

Tahap 1: Penyampaian tujuan dan motivasi Peserta didik

8.         Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang semua kegiatan yang akan dilakukan dan tujuan kegiatan belajar serta motivasi yang disampaikan guru (4C-Comunication)

9.         Peserta didik menyanyikan yel-yel kelas sebelum memulai pelajaran untuk membangkitkan semangat dalam belajar.

25 menit

Kegiatan Inti

Tahap 2: Mengorganisasikan Peserta didik untuk siap belajar

10.  Peserta didik berkumpul dalam kelompok, dengan masing-masing kelompok 2 sampai 3 orang.

11.  Setiap masing-masing kelompok dibagikan lembar LKPD.

 

Tahap 3: Penyajian Informasi

12.  Peserta didik membaca kembali teks eksplanasi ilmiah yang berjudul “Si Paralel Penyelamat Jalan” dari media power point dan menuliskan informasi penting dari teks tersebut secara mandiri pada diagram yang sudah disiapkan. Pastikan Peserta didik memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram.

13.  Salah satu Peserta didik perwakilan membacakan hasil menulis informasi penting dari teks eksplanasi ilmiah berjudul “ Si Paralel Penyelamat Jalan” di depan kelas. Selanjutnya hasil dikumpulkan secara individu. (4C-Comunication)

 

Tahap 4 : Membimbing kegiatan belajar kelompok

14.  Secara kelompok peserta didik menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat lampu lalu lintas sederhana yang telah mereka siapkan dari rumah.

15.  Secara kelompok peserta didik membaca dengan teliti petunjuk pembuatan lampu lalu lintas.

16.  Secara kelompok peserta didik membuat model rangkaian paralel lampu lalu lintas (Creativity and Innovation).

17.  Perwakilaan salah satu kelompok mempresentasikan pengujian model lampu lalu lintasnya di depan kelas.(4C-Comunication)

18.  Peserta didik kemudian berdiskusi menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas pada LKPD yang sudah dibagikan. (Critical Thinking and Communication -4C)

19.     Peserta didik diberi kesempatan bertanya bagi Peserta didik yang masih merasa bingung dan kurang mengerti terkait materi. (Menanya)

20.  Peserta didik diberikan penilaian pada hasil karya setiap kelompok. Penilaian dilakukan guru di luar jam pembelajaran.

45 menit

Kegiatan

Penutup

21.      Peserta didik mendengarkan ulasan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru dan menjawab kuis yang diberikan guru.

 

Tahap 5 : Kuis atau pemberian Evaluasi

22.      Peserta didik mengerjakan evaluasi untuk diambil penilaian

23.      Peserta didik menyerahkan evaluasi yang telah dikerjakan

 

Tahap 6: Pemberian penghargaan kelompok

24.      Guru memberikan penghargaan dalam berbagai bentuk untuk kelompok belajar yang paling baik

25.      Sebelum pelajaran ditutup guru meminta Peserta didik melakukan refleksi kesimpulan kegiatan hari ini.

·      Apa yang telah kamu pelajari hari ini?

·      Apa yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini?

·      Apa yang belum kaian pahami pada pembelajaran hari ini? (Mengkomunikasikan)

26.      Peserta didik mendengarkan penyampaian guru tentang rencana kegiatan pada pembelajaran selanjutnya.

27.      Pembeljaran diakhiri dengan menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan (nasionalisme, persatuan, dan toleransi).

28.      Kegiatan belajar ditutup dengan doa. Doa dipimpin oleh Peserta didik yang paling aktif dalam kegiatan pembelajaran. (religiusitas).

    15

    menit

 

G.    PENILAIAN

(telampir dalam evaluasi pembelajaran)

a.       Penilaian Kognitif         : tes tertulis

b.      Penilaian unjuk kerja     : hasil produk mandiri dan tiap kelompok

c.       Penilaian sikap              : lembar observasi

 

H.    SUMBER DAN MEDIA PEMBELAJARAN

1.      Buku Pedoman Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku TematikTerpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

2.      Buku Peserta didik Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).

3.      Media Ajar Guru SD/MI untuk kelas 6

4.      Alat dan bahan untuk Peserta didik membuat rangkaian lampu lalu lintas

 

Mengetahui

Kepala SDN KASIMPAR

 

 

 

SUKORUDATININGTYAS,S.Pd.

NIP. 19700610 199408 2 001

 

Kasimpar,      Oktober 2020

Guru Kelas VI

 

 

 

HERU PRATIKNO, S.Pd.

NIP. 19660828 200701 2 008

 

 

 


EmoticonEmoticon