RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) LURING
Satuan Pendidikan : SD
Negeri Kasimpar
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema : Penemuan
dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke
: 3 (Bahasa Indonesia, IPA)
Alokasi waktu : 2 JP (
2 x 35 menit )
A.
KOMPETENSI INTI
1.
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam
berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya serta cinta tanah
air.
3.
Memahami pengetahuan
faktual dan konseptual dengan cara mengamati,
menanya dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di
sekolah dan tempat bermain.
4.
Menyajikan pengetahuan
faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis,
dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam
tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
B.
KOMPETENSI
DASAR DAN INDIKATOR
KOMPETENSI DASAR |
IPK |
Bahasa Indonesia |
|
3.2 Menggali isi teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah yang didengar dan dibaca 4.2 Menyajikan hasil penggalian informasi dari teks penjelasan (eksplanasi) ilmiah
secara lisan, tulis, dan visual dengan menggunakan kosakata baku dan kalimat
efektif |
3.2.1 Menemukan informasi penting dari teks
eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan. 4.2.1 Menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul
si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta
pikiran. |
IPA |
|
3.4 Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian
listrik sederhana 4.4 Melakukan percobaan rangkaian listrik
sederhana secara seri dan paralel |
3.4.1 Membuat rangkaian listrik paralel, Peserta didik
mampu menguji model rangkaian tersebut. 4.4.1 Membuat rangkaian
listrik paralel, Peserta didik mampu menyajikan laporan hasil percobaan
rangkaian paralel. |
C.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan
informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat
jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
2.
Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu
mempresentasikan informasi
penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dengan tepat.
3.
Setelah mengamati powerpoint, peserta didik membuat dan menguji rangkaian
lampu lalu lintas sederhana dengan tepat.
4.
Dengan membuat lampu lalu lintas sederhana, peserta didik mampu membuat laporannya percobaan lampu lalu lintas sederhana dengan
sistematis.
Karakter Peserta
didik yang diharapkan :
·
Religius
·
Nasionalis
·
Mandiri
·
Gotong-royong
·
Integritas
D. MATERI (Telampir lengkap dalam bahan
ajar)
- Teks eksplanasi yang berjudul ” Si Paralel Penyelamat Jalan”.
- Langkah- langkah pembuatan lampu lalu lintas.
3. Rangkaian listrik paralel.
E. PENDEKATAN DAN METODE
Model
: Cooperative Learning
Pendekatan : Saintifik-TPACK
Metode
: Tanya Jawab, Diskusi, Percobaan,
Penugasan.
F. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Kelas dimulai
dengan dibuka dengan salam, menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta
didik 2.
Kelas
dilanjutkan dengan do’a dipimpin oleh salah seorang Peserta didik. Peserta
didik yang diminta membaca do’a adalah peserta didik yang hari ini datang
paling awal. (Menghargai kedisiplikan Peserta
didik/PPK). 3.
Peserta didik menyiapkan diri agar siap untuk
belajar serta memeriksa kerapihan diri serta diingatkan untuk selalu mengutamakan sikap
disiplin setiap saat dan menfaatnya bagi tercapainya sita-cita. 4.
Menyanyikan lagu
Garuda Pancasila atau lagu nasional lainnya. Guru memberikan penguatan
tentang pentingnya menanamkan semangat Nasionalisme dilanjutkan peregangan
dan gerakan-gerakan fisik untuk senam otak. 5.
Pembiasaan membaca/menulis 15-20 menit dimulai dengan guru menceritakan
tentang kisah masa kecil salah satu tokoh dunia, kesehatan, kebersihan, makanan/minuman
sehat, cerita inspirasi atau motivasi . Sebelum membacakan buku guru
menjelaskan tujuan kegiatan literasi
dan mengajak Peserta didik mendiskusikan pertanyaan-pertanyaan berikut: ·
Apa yang tergambar pada sampul buku. ·
Apa judul buku ·
Kira-kira ini menceritakan tentang apa ·
Pernahkan kamu membaca judul buku seperti ini 6.
Peserta didik menyimak apersepsi dari guru
tentang pelajaran sebelumnya dan mengaitkan dengan pengalamannya sebagai
bekal pelajaran berikutnya. (Communication-4C) 7.
Peserta didik bertanya jawab dengan guru
berkaitan dengan materi sebelumnya (4C-Collaboration Saintifik - Menanya) Tahap 1: Penyampaian tujuan
dan motivasi Peserta didik 8.
Peserta didik
menyimak penjelasan guru tentang semua kegiatan yang akan dilakukan dan
tujuan kegiatan belajar serta motivasi yang disampaikan guru (4C-Comunication) 9.
Peserta didik
menyanyikan yel-yel kelas sebelum memulai pelajaran untuk membangkitkan
semangat dalam belajar. |
25 menit |
|
Kegiatan
Inti |
Tahap 2: Mengorganisasikan Peserta didik untuk siap
belajar 10. Peserta didik berkumpul dalam kelompok, dengan
masing-masing kelompok 2 sampai 3 orang. 11. Setiap masing-masing kelompok dibagikan lembar LKPD. Tahap 3: Penyajian Informasi 12. Peserta
didik membaca kembali teks eksplanasi ilmiah yang berjudul “Si Paralel
Penyelamat Jalan” dari media power point dan menuliskan informasi penting dari teks tersebut
secara mandiri pada diagram yang sudah disiapkan. Pastikan Peserta
didik memahami bagian-bagian yang ditulis dalam diagram. 13. Salah
satu Peserta didik perwakilan membacakan hasil menulis informasi penting dari
teks eksplanasi ilmiah berjudul “ Si Paralel Penyelamat Jalan” di depan
kelas. Selanjutnya hasil dikumpulkan secara individu. (4C-Comunication) Tahap 4 :
Membimbing kegiatan belajar kelompok 14. Secara kelompok peserta didik menyiapkan
bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat lampu lalu lintas sederhana yang
telah mereka siapkan dari rumah. 15. Secara kelompok peserta didik membaca dengan teliti petunjuk
pembuatan lampu lalu lintas. 16. Secara kelompok peserta didik membuat model rangkaian paralel lampu
lalu lintas (Creativity and Innovation). 17. Perwakilaan salah satu kelompok
mempresentasikan pengujian model lampu lalu lintasnya di depan kelas.(4C-Comunication) 18. Peserta didik kemudian berdiskusi
menuliskan laporan hasil percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas pada
LKPD yang sudah dibagikan. (Critical Thinking
and Communication -4C) 19.
Peserta didik diberi kesempatan bertanya bagi Peserta
didik yang masih merasa bingung dan kurang
mengerti terkait materi. (Menanya) 20. Peserta didik diberikan
penilaian pada hasil karya setiap kelompok. Penilaian dilakukan
guru di luar jam pembelajaran. |
45 menit |
|
Kegiatan Penutup |
21. Peserta
didik mendengarkan ulasan kembali materi yang telah disampaikan oleh guru dan
menjawab kuis yang diberikan guru. Tahap 5 : Kuis atau pemberian Evaluasi 22. Peserta
didik mengerjakan evaluasi untuk diambil penilaian 23. Peserta
didik menyerahkan evaluasi yang telah dikerjakan Tahap 6: Pemberian
penghargaan kelompok 24. Guru memberikan penghargaan
dalam berbagai bentuk untuk kelompok belajar
yang paling baik 25. Sebelum
pelajaran ditutup guru meminta Peserta didik melakukan refleksi kesimpulan
kegiatan hari ini. · Apa
yang telah kamu pelajari hari ini? · Apa
yang paling kalian sukai dari pembelajaran hari ini? · Apa
yang belum kaian pahami pada pembelajaran hari ini? (Mengkomunikasikan) 26. Peserta
didik mendengarkan penyampaian guru tentang rencana kegiatan pada
pembelajaran selanjutnya. 27. Pembeljaran diakhiri dengan menyanyikan salah satu lagu daerah
untuk menumbuhkan (nasionalisme, persatuan, dan toleransi). 28. Kegiatan
belajar ditutup dengan doa.
Doa dipimpin oleh Peserta didik yang paling aktif dalam kegiatan
pembelajaran. (religiusitas). |
15 menit |
|
G.
PENILAIAN
(telampir
dalam evaluasi pembelajaran)
a. Penilaian
Kognitif : tes tertulis
b. Penilaian
unjuk kerja : hasil produk mandiri dan tiap kelompok
c. Penilaian
sikap : lembar
observasi
H.
SUMBER
DAN MEDIA PEMBELAJARAN
1.
Buku Pedoman
Guru Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas
6 (Buku TematikTerpadu
Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
2.
Buku Peserta didik Tema : Tokoh dan Penemuan Kelas 6 (Buku Tematik
Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2018).
3.
Media Ajar
Guru SD/MI untuk kelas 6
4. Alat
dan bahan untuk Peserta didik membuat rangkaian lampu lalu lintas
Mengetahui Kepala SDN KASIMPAR SUKORUDATININGTYAS,S.Pd. NIP. 19700610 199408 2 001 |
|
Kasimpar, Oktober 2020 Guru Kelas VI HERU PRATIKNO, S.Pd. NIP. 19660828 200701 2 008 |
EmoticonEmoticon