RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) DARING
Satuan Pendidikan : SD Negeri Kasimpar
Kelas / Semester : 6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema : Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Pembelajaran ke : 3 (Bahasa Indonesia, IPA)
Alokasi waktu : 2 JP ( 2 x 35 menit )
A. TUJUAN
1.
Setelah
membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan informasi
penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dengan tepat.
2.
Setelah
membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
3.
Setelah
mengamati powerpoint, peserta didik membuat dan menguji rangkaian lampu lalu lintas sederhana dengan tepat.
4.
Dengan
membuat lampu lalu lintas sederhana, peserta didik mampu membuat laporannya percobaan lampu lalu lintas sederhana dengan sistematis.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Guru mengirim informasi ke WAG menyapa peserta didik dan motivasi
tetap semangat dengan belajar daring
sebelum pelaksanaan vicon. 2.
Peserta didik melakukan presensi
online melalui link yang dibagikan
guru melalui WAG kelas.
https://forms.gle/zmcjzBjdEeQ256Hb9 3.
Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas 4.
Guru
memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik. 5.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu
Tema 3 tentang ”Tokoh dan Penemuan”
Subtema 2 Pembelajaran 3. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui
vicon. |
10 menit |
Kegiatan
Inti |
1.
Peserta
didik diminta membaca senyap teks slide powerpoint tentang penemuan televisi
yang dishare guru melalui zoom meeting. 2.
Peserta didik
menuliskan informasi penting
dari teks eksplanasi yang dibaca dilanjutkan salah satu peserta didik
mempresentasikan hasil pekerjaannya. Hasil pekerjaan peserta didik yang lain
dikirim ke WAG setelah pembelajaran. 3.
Peserta didik
dibagi dalam kelompok untuk melakukan kerja kelompok membuat lalu lintas sederhana. 4.
Peserta didik
memperhatikan penyampaian guru melalui powerpoint mengenai alat dan bahan,
serta langkah kerja untuk membuat
lampu lalu lintas sederhana. 5.
Peserta didik diarahkan untuk membuat
laporan dari percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana secara sistematis. 6.
Hasil penulisan
laporan kerja kelompok dikirimkan di WAG setelah pelaksanaan tugas selesai
dan pengujian hasil karya masing - masing kelompok dibuat video untuk dikirim ke WAG. |
45 menit |
Kegiatan Penutup |
1.
Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi
kegiatan pembelajaran melalui zoom meeting. 2.
Guru menyampaikan evaluasi melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f7ff4b4f91604001b6ca0dd 3.
Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau kepada
peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan. 4.
Guru
informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan untuk
mengirim tugas. |
15 menit |
C. PENILAIAN
a.
Penilaian Kognitif :
tes tertulis melalui Quizizz
b.
Penilaian
unjuk kerja : hasil produk mandiri
siswa dan produk tiap kelompok
c.
Penilaian sikap :
lembar observasi
Mengetahui Kepala SDN KASIMPAR SUKORUDATININGTYAS,S.Pd. NIP.
19700610 199408 2 001 |
Kasimpar, Oktober 2020 Guru Kelas VI HERU PRATIKNO, S.Pd. NIP.
19660828 200701 2 008 |
EmoticonEmoticon