RPP Daring kelas 6 tema 3 subtema 2 Pembelajaran 3

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP ) DARING

 

Satuan Pendidikan :   SD Negeri Kasimpar Kelas / Semester                                    :    6 /1

Tema                           :    Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                    :    Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2) Pembelajaran ke                                    :    3 (Bahasa Indonesia, IPA)

Alokasi waktu            :    2 JP ( 2 x 35 menit )

 

A.     TUJUAN

1.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dengan tepat.

2.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

3.      Setelah mengamati powerpoint, peserta didik membuat dan menguji rangkaian lampu lalu lintas sederhana dengan tepat.

4.      Dengan membuat lampu lalu lintas sederhana, peserta didik mampu membuat laporannya percobaan lampu lalu lintas sederhana dengan sistematis.

 

B.     KEGIATAN PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan Pendahuluan

1.                      Guru mengirim informasi ke WAG menyapa peserta didik dan motivasi tetap semangat dengan belajar daring sebelum pelaksanaan vicon.

2.                      Peserta didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG kelas. https://forms.gle/zmcjzBjdEeQ256Hb9

3.                      Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas

4.                      Guru memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik.

5.                      Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu Tema 3 tentang Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Pembelajaran 3.

6.                      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui vicon.

10

menit

Kegiatan Inti

1.          Peserta didik diminta membaca senyap teks slide powerpoint tentang penemuan televisi yang dishare guru melalui  zoom meeting.

2.          Peserta didik menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca dilanjutkan salah satu peserta didik mempresentasikan hasil pekerjaannya. Hasil pekerjaan peserta didik yang lain dikirim ke WAG setelah pembelajaran.

3.          Peserta didik dibagi dalam kelompok untuk melakukan kerja kelompok membuat lalu lintas sederhana.

4.          Peserta didik memperhatikan penyampaian guru melalui powerpoint mengenai alat dan bahan, serta langkah kerja untuk membuat lampu lalu lintas sederhana.

5.          Peserta didik diarahkan untuk membuat laporan dari percobaan membuat rangkaian lampu lalu lintas sederhana secara sistematis.

6.          Hasil penulisan laporan kerja kelompok dikirimkan di WAG setelah pelaksanaan tugas selesai dan pengujian hasil karya masing - masing kelompok dibuat video untuk dikirim ke WAG.

45

menit

Kegiatan Penutup

1.     Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi kegiatan pembelajaran melalui  zoom meeting.

2.     Guru menyampaikan evaluasi melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f7ff4b4f91604001b6ca0dd

3.     Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau kepada peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan.

4.     Guru informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan untuk mengirim tugas.

15

menit

 

 

C.     PENILAIAN

a.        Penilaian Kognitif         : tes tertulis melalui Quizizz

b.        Penilaian unjuk kerja     : hasil produk mandiri siswa dan produk tiap kelompok

c.        Penilaian sikap              : lembar observasi

 

 

Mengetahui

Kepala SDN KASIMPAR

 

 

 

SUKORUDATININGTYAS,S.Pd.

NIP. 19700610 199408 2 001

Kasimpar,          Oktober 2020 Guru Kelas VI

 

 

 

HERU PRATIKNO, S.Pd.

NIP. 19660828 200701 2 008

 


EmoticonEmoticon