RPP Daring kelas 6 tema 3 subtema 2 Pembelajaran 2

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP ) DARING

 

Satuan Pendidikan        :    SD Negeri Kasimpar

Kelas / Semester           :    6 /1

Tema                             :    Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                      :    Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke            :    2 (PPKn, SBdP)

Alokasi waktu               :    2 JP ( 2 x 35 menit)

 

A.    TUJUAN

1.      Setelah membaca teks powerpoint di layar, peserta didik mampu menganalisis contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.

2.      Setelah mengamati contoh kewajiban, peserta didik mampu menuliskan kewajiban peserta didik di rumah, di sekolah, dan di masyarakat dengan benar.

3.      Setelah mengamati teks dan video powerpoint di layar, peserta didik mampu memahami tentang interval nada yang benar.

4.      Setelah mengamati video, peserta didik mampu menyanyikan lagu “Mariam Tomong” sesuai dengan interval nada dengan tepat.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.        Guru mengirim informasi ke WAG  pelaksanaan vicon  zoom meeting.

2.        Peserta didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG kelas.

https://forms.gle/6oj5jNE7LXc8UjFT9

3.        Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas

4.        Guru memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik.

5.        Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu Tema 3 tentang Tokoh dan Penemuan Subtema 2 Pembelajaran 2.

6.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui vicon

10 menit

Kegiatan Inti

1.        Peserta didik membaca senyap teks tentang Siti yang ditampilkan guru.

2.        Peserta didik menganalisis dari pertanyaan yang ditampilkan guru dari bacaan berjudul ” Jam, Membantu Siti tepat Waktu”.

a.       Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti?

b.      Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur?

c.       Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur?

d.      Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika
ia mengatur waktunya dengan teratur?

e.       Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik?

f.       Apakah  ia melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa?

3.      Secara mandiri peserta didik akan menuliskan contoh-contoh kewajiban yang ada di rumah, di sekolah dan di masyarakat. Hasil tugas diunggah ke WAG setelah selesai

4.      Peserta didik mengamati teks powerpoint di layar  ysng berisi penjelasan menganai interval nada.

5.      Peserta didik berdiskusi bersama guru tentang interval nada.

6.      Peserta didik melihat penayangan video contoh lagu “Mariam Tomong”.

7.      Peserta didik berlatih menyanyikannya lagu “Mariam Tomong”. Latihan bisa diteruskan setelah pembelajaran.

8.      Secara mandiri peserta didik merekam menyanyikan lagu “Mariam Tomong” dengan interval lagu yang tepat dan hasilnya nanti diunggah di WAG.

45 menit

Kegiatan

Penutup

1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi kegiatan pembelajaran melalui  zoom meeting.

2.      Guru menyampaikan evaluasi melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f7b28d7eddeac001b932fab

3.      Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau kepada peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan.

4.      Guru informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan untuk mengirim tugas

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN

a.       Penilaian Kognitif           :    tes tertulis melalui Quizizz

b.      Penilaian unjuk kerja       :    hasil produk mandiri siswa dan produk tiap kelompok

c.       Penilaian sikap                 :    lembar observasi

 

Mengetahui

Kepala SDN KASIMPAR

 

 

 

SUKORUDATININGTYAS,S.Pd.

NIP. 19700610 199408 2 001

 

Kasimpar,       Oktober 2020

Guru Kelas VI

 

 

 

HERU PRATIKNO, S.Pd.

NIP. 19660828 200701 2 008

 


EmoticonEmoticon