RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP ) DARING
Satuan Pendidikan : SD
Negeri Kasimpar
Kelas / Semester :
6 /1
Tema : Tokoh dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema :
Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke
: 2 (PPKn, SBdP)
Alokasi waktu
: 2 JP ( 2 x 35 menit)
A.
TUJUAN
1.
Setelah membaca teks powerpoint di layar, peserta didik mampu menganalisis
contoh kewajiban dalam kehidupan sehari-hari dengan benar.
2.
Setelah mengamati contoh kewajiban, peserta didik mampu menuliskan
kewajiban peserta didik di rumah, di sekolah, dan di masyarakat dengan benar.
3.
Setelah mengamati teks dan video powerpoint di layar, peserta didik mampu
memahami tentang interval nada yang benar.
4.
Setelah mengamati video, peserta didik mampu menyanyikan lagu “Mariam
Tomong” sesuai dengan interval nada dengan tepat.
B. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Guru
mengirim informasi ke WAG pelaksanaan
vicon zoom meeting. 2.
Peserta
didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG
kelas. https://forms.gle/6oj5jNE7LXc8UjFT9
3.
Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas 4.
Guru
memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik. 5.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu
Tema 3 tentang ”Tokoh dan Penemuan”
Subtema 2 Pembelajaran 2. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui
vicon |
10
menit |
|
Kegiatan
Inti |
1.
Peserta didik membaca senyap teks tentang Siti yang ditampilkan guru. 2.
Peserta didik menganalisis dari pertanyaan
yang ditampilkan guru dari bacaan berjudul ” Jam, Membantu Siti tepat Waktu”. a. Hal baik apa yang sudah dilakukan Siti? b. Apakah Siti mengatur waktunya dengan teratur? c. Mengapa Siti mengatur waktunya dengan teratur? d. Apa manfaat yang Siti dapatkan ketika e. Menurutmu, apakah Siti adalah pelajar yang baik? f. Apakah ia
melaksanakan kewajibannya sebagai pelajar? Mengapa? 3.
Secara
mandiri peserta didik akan menuliskan contoh-contoh kewajiban yang ada di
rumah, di sekolah dan di masyarakat. Hasil tugas diunggah ke WAG setelah
selesai 4.
Peserta didik mengamati teks powerpoint di layar ysng berisi penjelasan
menganai interval nada. 5.
Peserta didik
berdiskusi bersama guru tentang interval nada. 6.
Peserta didik melihat
penayangan video contoh lagu “Mariam Tomong”. 7.
Peserta didik
berlatih menyanyikannya lagu “Mariam Tomong”. Latihan bisa diteruskan setelah pembelajaran. 8.
Secara mandiri peserta
didik merekam menyanyikan lagu “Mariam Tomong” dengan interval lagu
yang tepat dan hasilnya
nanti diunggah di WAG. |
45 menit |
|
Kegiatan Penutup |
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi
kegiatan pembelajaran melalui zoom meeting. 2. Guru menyampaikan evaluasi
melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f7b28d7eddeac001b932fab 3.
Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau
kepada peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan. 4.
Guru informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan
untuk mengirim tugas |
15 menit |
|
C.
PENILAIAN
a.
Penilaian Kognitif : tes tertulis melalui
Quizizz
b.
Penilaian unjuk kerja : hasil produk mandiri siswa dan produk
tiap kelompok
c.
Penilaian sikap : lembar
observasi
Mengetahui Kepala SDN KASIMPAR SUKORUDATININGTYAS,S.Pd. NIP. 19700610 199408 2 001 |
|
Kasimpar, Oktober 2020 Guru Kelas VI HERU PRATIKNO, S.Pd. NIP. 19660828 200701 2 008 |
EmoticonEmoticon