RPP Daring kelas 6 tema 3 subtema 2 Pembelajaran 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP ) DARING

 

Satuan Pendidikan        :    SD Negeri Kasimpar

Kelas / Semester           :    6 /1

Tema                             :    Tokoh dan Penemuan (Tema 3)

Sub Tema                      :    Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)

Pembelajaran ke            :    1 (Bahasa Indonesia, IPA, IPS)

Alokasi waktu               :    2 JP ( 2x 35 menit )

 

A.    TUJUAN

1.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dengan tepat.

1.      Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.

2.      Setelah mengamati di slide powerpoint, peserta didik mampu menemukan dampak televisi terhadap kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dengan tepat.

3.      Setelah berdiskusi, peserta didik mampu menuliskan dampak televisi terhadap kehidupan masyarakat di bidang pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dengan tepat.

4.      Setelah mengamati media video, peserta didik mampu menemukan komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana dengan tepat.

5.      Setelah mengamati media video, peserta didik mampu membuat gambar rancangan model rangkaian listrik paralel dengan tepat.

 

B.     KEGIATAN  PEMBELAJARAN

Kegiatan

Deskripsi Kegiatan

Alokasi

Waktu

Kegiatan

Pendahuluan

1.        Guru mengirim informasi ke WAG  pelaksanaan vicon  zoom meeting.

2.        Peserta didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG kelas.

https://forms.gle/6oj5jNE7LXc8UjFT9

3.        Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas

4.        Guru memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik.

5.        Peserta didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu Tema 3 tentang Tokoh dan Penemuan” Subtema 2 Pembelajaran 1.

6.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui vicon

10 menit

Kegiatan Inti

1.        Peserta didik diminta membaca senyap teks slide powerpoint tentang penemuan televisi yang dishare guru melalui  zoom meeting.

2.        Peserta didik mengingat kembali tentang menulis informasi penting dari sebuah teks eksplanasi.

3.        Peserta didik menuliskan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca dalam bentuk peta pikiran secara sistemastis sesuai contoh yang diberikan guru. Hasil pekerjaan peserta didik yang lain dikirim ke WAG setelah pembelajaran.

4.        Peserta didik diminta mengamati gambar/foto televisi dan narasi yang diperlihatkan guru. Guru mengajukan pertanyaan:

a.      Bagaimana anak-anak bisa menyingkapi hal tersebut?

b.      Bagaimana dampak positif dan dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat?

5.        Peserta didik mendiskusikan tentang dampak dari ditemukannya televisi dalam lingkungan masyarakat mereka.

6.        Peserta didik menuliskan dampak televisi di lingkungan masyarakat dalam bentuk peta pikiran seperti contoh. Hasil pekerjaan diunggah di WAG.

7.        Peserta didik mengamati video yang ditampilkan guru tentang rangkaian listrik parallel.

8.        Peserta didik diarahkan untuk menemukan komponen serta fungsi yang terdapat pada rangkaian rangkaian listrik paralel.

9.        Peserta didik melaksanakan kegiatan membuat gambar rancangan rangkaian listrik parallel di rumah. ( hasil pekerjaan diunggah ke WAG setelah selesai)

45 menit

Kegiatan

Penutup

1.      Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi kegiatan pembelajaran melalui  zoom meeting.

2.      Guru menyampaikan evaluasi melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f6ee9b43b128d001cacc7fd

3.      Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau kepada peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan.

4.      Guru informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan mengingatkan untuk mengirim tugas.

    15

    menit

 

 

C.    PENILAIAN

a.       Penilaian Kognitif         : tes tertulis melalui Quizizz

b.      Penilaian unjuk kerja     : hasil produk mandiri siswa dan produk tiap kelompok

c.       Penilaian sikap              : lembar observasi

 

Mengetahui

Kepala SDN KASIMPAR

 

 

 

SUKORUDATININGTYAS,S.Pd.

NIP. 19700610 199408 2 001

 

Kasimpar,       Oktober 2020

Guru Kelas VI

 

 

 

HERU PRATIKNO, S.Pd.

NIP. 19660828 200701 2 008

  


EmoticonEmoticon