RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(
RPP ) DARING
Satuan
Pendidikan : SD Negeri Kasimpar
Kelas /
Semester : 6 /1
Tema : Tokoh
dan Penemuan (Tema 3)
Sub Tema :
Penemuan dan Manfaatnya (Sub Tema 2)
Pembelajaran ke : 1 (Bahasa
Indonesia, IPA, IPS)
Alokasi waktu :
2 JP ( 2x 35 menit )
A. TUJUAN
1.
Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint, peserta didik mampu menemukan
informasi penting dari teks eksplanasi yang berjudul si parallel penyelamat
jalan dengan tepat.
1.
Setelah membaca teks eksplanasi powerpoint peserta didik mampu menulis informasi penting dari teks eksplanasi
yang berjudul si
parallel penyelamat jalan dalam bentuk peta pikiran dengan sistematis.
2.
Setelah mengamati di slide powerpoint, peserta didik
mampu menemukan dampak
televisi terhadap kehidupan masyarakat
di bidang pendidikan dan Ilmu Pengetahuan dengan tepat.
3.
Setelah
berdiskusi, peserta didik mampu menuliskan dampak televisi terhadap kehidupan
masyarakat di bidang pendidikan dan
Ilmu Pengetahuan dengan tepat.
4.
Setelah mengamati media video, peserta didik mampu menemukan
komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik sederhana
dengan tepat.
5.
Setelah mengamati media video, peserta didik mampu membuat
gambar rancangan model rangkaian listrik paralel dengan tepat.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Kegiatan Pendahuluan |
1.
Guru
mengirim informasi ke WAG pelaksanaan
vicon zoom meeting. 2.
Peserta
didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG
kelas. https://forms.gle/6oj5jNE7LXc8UjFT9
3.
Peserta didik melakukan koneksi ke vicon zoom meeting dibagikan di WAG kelas 4.
Guru
memberikan salam, berdoa dan menkondisiskan serta memotivasi peserta didik. 5.
Peserta
didik mendengarkan penjelasan guru tentang tema yang akan dipelajari yaitu
Tema 3 tentang ”Tokoh dan Penemuan”
Subtema 2 Pembelajaran 1. 6.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran melalui
vicon |
10 menit |
|
Kegiatan
Inti |
1.
Peserta
didik diminta membaca senyap teks slide powerpoint tentang penemuan televisi
yang dishare guru melalui zoom meeting. 2.
Peserta didik mengingat
kembali tentang menulis informasi penting dari sebuah teks eksplanasi. 3.
Peserta didik
menuliskan informasi
penting dari teks eksplanasi yang dibaca dalam bentuk peta pikiran secara
sistemastis sesuai contoh yang diberikan guru. Hasil pekerjaan peserta didik
yang lain dikirim ke WAG setelah pembelajaran. 4.
Peserta didik diminta mengamati gambar/foto
televisi dan narasi yang diperlihatkan guru. Guru mengajukan pertanyaan: a.
Bagaimana anak-anak bisa
menyingkapi hal tersebut? b.
Bagaimana dampak positif dan
dampak negatif televisi terhadap kehidupan masyarakat? 5.
Peserta didik mendiskusikan tentang dampak dari
ditemukannya televisi dalam lingkungan masyarakat mereka. 6.
Peserta
didik menuliskan dampak televisi di lingkungan masyarakat dalam bentuk peta
pikiran seperti contoh. Hasil pekerjaan diunggah di WAG. 7.
Peserta
didik mengamati video yang ditampilkan guru tentang rangkaian listrik parallel. 8.
Peserta
didik diarahkan untuk menemukan komponen serta fungsi yang terdapat pada
rangkaian rangkaian listrik paralel. 9.
Peserta
didik melaksanakan kegiatan membuat gambar rancangan rangkaian listrik
parallel di rumah. ( hasil pekerjaan diunggah ke WAG setelah selesai) |
45 menit |
|
Kegiatan Penutup |
1. Guru bersama siswa menyimpulkan materi dan refleksi
kegiatan pembelajaran melalui zoom meeting. 2. Guru menyampaikan evaluasi
melalui link soal “Quizizz” ke whatsapp group kelas. Linknya https://quizizz.com/admin/quiz/5f6ee9b43b128d001cacc7fd
3.
Guru menutup pembelajaran dengan motivasi dan menghimbau
kepada peserta didik untuk selalu menjaga kesehatan. 4.
Guru informasi pembelajaran pada pertemuan berikutnya dan
mengingatkan untuk mengirim tugas. |
15 menit |
|
C. PENILAIAN
a. Penilaian
Kognitif : tes tertulis melalui Quizizz
b. Penilaian
unjuk kerja : hasil produk
mandiri siswa dan produk tiap kelompok
c. Penilaian
sikap : lembar
observasi
Mengetahui Kepala SDN KASIMPAR SUKORUDATININGTYAS,S.Pd. NIP. 19700610 199408 2 001 |
|
Kasimpar, Oktober 2020 Guru Kelas VI HERU PRATIKNO, S.Pd. NIP. 19660828
200701 2 008 |
EmoticonEmoticon