Aksi Nyata PMM Topik 3 Merumuskan ATP dan TP IPAS FASE C Kelas VI

 Dalam artikel ini ijinkan saya menyajikan mengenai contoh aksi nyata Modul 3 Topik Perencanaan Pembelajaran SD/Paket A Pelatihan Mandiri Platform Merdeka Mengajar (PMM).

Assalamualaikum  Wr. Wb.

Bapak dan lbu, saya Heru Pratikno. S.Pd. guru SD Negeri Kasimpar sedang membuat aksi nyata pada Platform  Merdeka Mengajar (PMM) dengan merumuskan  Alur Tujuan Pembelajaran (ATP) dan Tujuan Pernbelajaran (TP) khususnya untuk mata pelajaran IPAS di Fase C Kelas VI.


ATP dan TP yang saya buat bisa dilihat pada link berikut :  https://drive.google.com/file/d/1d1b5eqQBfc1o9Qwde0LJQuYwzSGBRx9Y/view?usp=share_link

Jika sudah melihat  dan memahami ATP dan TP yang saya buat, mohon kiranya untuk memberikan umpan balik pada data dan pertanyaan pada link :

https://forms.gle/62uGbHY16jseZRa78

Terima Kasih....


PROSES DAN REFLEKSI 

Ceritakan proses Anda merumuskan ATP dan TP;

  • CP apa yang Anda ambil?
  • Pertimbangan apa saja yang memengaruhi Anda dalam merumuskan ATP dan TP?
  • Siapa saja yang Anda libatkan dalam perumusan ini?
  • - Pada Fase C peserta didik diperkenalkan dengan sistem - perangkat unsur yang saling terhubung satu sama lain dan berjalan dengan aturan-aturan tertentu untuk menjalankan fungsi tertentu - khususnya yang berkaitan dengan bagaimana alam dan kehidupan sosial saling berkaitan dalam konteks kebhinekaan. Peserta didik melakukan suatu tindakan, mengambil suatu keputusan atau menyelesaikan permasalahan yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari berdasarkan pemahamannya terhadap materi yang telah dipelajari.
  • - Pertimbangan memengaruhi saya dalam merumuskan ATP dan TP adalah : harus esensial, berkesinambungan, kontekstual dan sederhana, memenuhi kemampuan prasayarat, cakupan dan keluasan TP, dan keterkaitan anatar TP
  • - yang terlibat dalam perumusan adalah : kepala sekolah, guru dan teman sejawat

Refleksi

  • Apa perubahan sikap yang Anda alami saat melakukan aksi nyata ini?
  • Apa pengetahuan baru yang didapatkan dari proses ini?
  • Apa keterampilan baru yang didapatkan dari proses ini?
  • Apa hal berbeda yang akan Anda terapkan setelah melakukan aksi nyata ini?
  • - perubahan sikap yang Anda alami saat melakukan aksi nyata ini adalah bersemangat dan memotivasi diri saya karena dapat mengimplementasikan ilmu, nilai dan peran guru yang saya pelajari.
  • - pengetahuan baru yang didapatkan dari proses ini adalah : lebih memahami dalam perumusan ATP dan TP sesuai dengan kurikulum merdeka.
  • - keterampilan baru yang didapatkan dari proses ini adalah : tentang merancang ATP dan TP yang sesuai dengan kurikulum merdeka dan kondisi lingkungan dengan mengedepankan pembelajaran yang menarik serta menyenangkan sesuai dengan kebutuhan murid.
  • - hal berbeda yang saya terapkan setelah melakukan aksi nyata ini adalah : menggunakan rumusan pembelajaran yang saya buat sesuai dengan karakteristik mapel serta sesuai dengan kebutuhan siswa dan kondisi lingkungan.



EmoticonEmoticon