Contoh Rpp Daring Kelas 3 Tema 3 Subtema 2 Pembelajaran 1

 JARING-JARING TEMA 3 SUBTEMA 2

PEMBELAJARAN 1

 




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)

Satuan Pendidikan    : SD Negeri 1 Mojosari

Kelas/Semester          : III/1

Tema                          : 3. Benda di Sekitar

Subtema                     : 2. Wujud Benda

Muatan Pelajaran       : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP 

Pembelajaran             : 1

Alokasi Waktu           : 1 Hari (2JP x 35 menit)

 

A.       TUJUAN PEMBELAJARAN

1.    Dengan mengamati video tentang wujud benda, peserta didik dapat mengidetifikasi informasi yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.

2.    Dengan melakukan pengamatan benda, peserta didik dapat  mengkategorikan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.

3.    Dengan menjawab pertanyaan, peserta didik dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan wujud benda dengan kalimat efektif.

4.    Dengan mengerjakan latihan soal, peserta didik dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan tepat.

5.    Dengan mengerjakan soal cerita, peserta didik dapat memecahkan masalah sehari-hari mengenai panjang dengan tepat.

6.    Dengan mengamati contoh gerakan tari, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki dengan tepat.

7.    Dengan menirukan gerakan kaki yang dilakukan guru, peserta didik dapat mempraktikkan dinamika gerakan kaki dengan tepat.

 

B.        KEGIATAN PEMBELAJARAN

PENDAHULUAN

1.      Peserta didik melakukan presensi online melalui link yang dibagikan guru melalui WAG.

2.      Guru membagikan link vicon melalui WAG.

3.      Guru dan peserta didik masuk ke aplikasi vicon.

4.      Guru menyampaikan salam dan peserta didik menjawab.

5.      Guru menyampaikan motivasi kepada peserta didik untuk tetap semangat belajar daring.

6.      Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari dan mengaitkannya dengan kehidupan sehari- hari siswa.

7.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai.

KEGIATAN INTI

1.      Peserta didik mengamati video yang ditayangkan.

2.      Peserta didik beserta guru bertanya jawab tentang video tersebut.

3.      Peserta didik menyebutkan wujud benda berdasarkan gambar benda yang ditayangkan guru secara bergantian.

4.      Peserta didik mengamati lingkungan sekitarnya, kemudian mengkategorikan benda-benda tersebut berdasarkan wujud bendanya.

5.      Peserta didik membacakan hasil pengamatannya secara bergantian.

6.      Peserta didik menjawab pertanyaan yang ditayangkan oleh guru.

7.      Peserta didik mengamati denah jarak rumah Edo ke rumah neneknya yang terdapat dalam Buku Siswa, guru menjelaskan tentang konversi satuan km ke m dan sebaliknya.

8.      Peserta didik diminta mengerjakan soal cerita yang terdapat dalam Google Form setelah vicon berakhir.

9.      Peserta didik mengamati contoh gerakan tari yang dilakukan oleh guru, kemudian mengidentifikasi mana yang termasuk gerakan kuat dan mana yang termasuk gerakan lemah.


10. Peserta didik menirukan gerakan kaki yang dilakukan oleh guru, kemudian mempraktikkannya

secara bergantian.

PENUTUP

1.      Peserta didik diberi kesempatan untuk bertanya.

2.      Guru menyimpulkan materi dan refleksi kegiatan.

3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan datang.

4.      Guru membagikan link soal ceritamelalui WAG.

5.      Guru menutup pembelajaran dan vicon.

 

C.       PENILAIAN

1.    Penilaian Kognitif       :Tes tertulis dengan mengerjakan soal di Google Form.

2.    Penilaian unjuk kerja :Lembar observasi melalui praktik gerakan kuat dan lemah.

3.    Penilaian sikap             :Lembar observasi yang diberikan kepada orang tua siswa.

 

 

 

 

 

 

Mengetahui KepalaSekolah

 

 

 

.......................................................

NIP.

......................,

Guru Kelas

 

 

 

.......................................................

NIP.


EmoticonEmoticon