JARING-JARING TEMA 3 SUBTEMA 2
PEMBELAJARAN 1
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP DARING)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Mojosari
Kelas/Semester : III/1
Tema : 3. Benda di Sekitar
Subtema : 2. Wujud Benda
Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, Matematika, SBdP
Pembelajaran : 1
Alokasi Waktu : 1 Hari (2JP x 35 menit)
A. TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Dengan mengamati video tentang
wujud benda, peserta didik dapat mengidetifikasi informasi
yang terkait dengan wujud benda dengan tepat.
2.
Dengan melakukan pengamatan benda, peserta didik dapat mengkategorikan benda berdasarkan wujudnya dengan tepat.
3.
Dengan menjawab pertanyaan, peserta
didik dapat menuliskan pokok-pokok informasi yang berkaitan dengan
wujud benda dengan
kalimat efektif.
4.
Dengan mengerjakan latihan soal, peserta didik dapat mengkonversi satuan km ke m atau sebaliknya dengan
tepat.
5.
Dengan mengerjakan soal cerita,
peserta didik dapat memecahkan masalah
sehari-hari mengenai panjang
dengan tepat.
6.
Dengan mengamati contoh gerakan
tari, peserta didik dapat mengidentifikasi gerak kuat dan lemah kaki
dengan tepat.
7.
Dengan menirukan gerakan kaki yang dilakukan
guru, peserta didik dapat mempraktikkan dinamika gerakan kaki dengan tepat.
B.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
PENDAHULUAN 1. Peserta didik
melakukan presensi online
melalui link yang dibagikan guru
melalui WAG. 2.
Guru membagikan link vicon melalui
WAG. 3. Guru dan peserta didik masuk ke aplikasi vicon. 4.
Guru menyampaikan salam
dan peserta didik
menjawab. 5. Guru menyampaikan motivasi kepada peserta didik untuk tetap
semangat belajar daring. 6. Guru menyampaikan materi yang
akan dipelajari dan mengaitkannya dengan
kehidupan sehari- hari
siswa. 7. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. |
KEGIATAN INTI 1. Peserta didik mengamati video yang ditayangkan. 2. Peserta didik beserta guru bertanya jawab tentang video tersebut. 3. Peserta didik menyebutkan wujud benda berdasarkan gambar benda yang ditayangkan guru secara bergantian. 4. Peserta didik mengamati lingkungan sekitarnya, kemudian mengkategorikan benda-benda tersebut berdasarkan wujud bendanya. 5.
Peserta didik membacakan hasil pengamatannya secara
bergantian. 6. Peserta didik menjawab pertanyaan yang ditayangkan oleh guru. 7. Peserta didik mengamati denah jarak rumah Edo ke rumah neneknya yang terdapat dalam Buku Siswa, guru menjelaskan tentang konversi satuan km ke m dan sebaliknya. 8. Peserta didik diminta mengerjakan soal cerita yang terdapat dalam Google Form setelah vicon berakhir. 9. Peserta didik
mengamati contoh gerakan tari yang dilakukan oleh guru, kemudian mengidentifikasi mana yang termasuk gerakan kuat dan mana yang termasuk gerakan lemah. |
10. Peserta didik
menirukan gerakan kaki
yang dilakukan oleh
guru, kemudian mempraktikkannya secara bergantian. |
PENUTUP 1. Peserta didik
diberi kesempatan untuk
bertanya. 2. Guru menyimpulkan
materi dan refleksi kegiatan. 3.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan
datang. 4. Guru membagikan link soal ceritamelalui WAG. 5. Guru menutup
pembelajaran dan vicon. |
C.
PENILAIAN
1.
Penilaian Kognitif :Tes tertulis dengan mengerjakan soal di Google
Form.
2.
Penilaian unjuk kerja :Lembar
observasi melalui praktik
gerakan kuat dan lemah.
3.
Penilaian sikap :Lembar observasi yang diberikan kepada orang tua siswa.
Mengetahui KepalaSekolah ....................................................... NIP. |
......................, Guru Kelas ....................................................... NIP. |
EmoticonEmoticon